Kadisdik Kabupaten Kapuas, Dr H Suwarno Muriyat, Buka Pengimbasan Sekolah Binaan SPMI

Kadisdik Kabupaten Kapuas, Dr H Suwarno Muriyat, Buka Pengimbasan Sekolah Binaan SPMI
Kadis Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat

KUALA KAPUAS - Pendampingan dan Pengimbasan Sekolah Binaan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) serta Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) - Belajar Dari Rumah (BDR) dibuka.

Pembukaan dilakukan oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat didampingi Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Selat MAS Muntoha dan Korwil Dadahup Roben sebagai Fasilitator Daerah SPMI, Senin (5/10/2020) pagi di SDN 3 Selat Hilir.

H Suwarno menyatakan rasa optimisnya jika pendampingan dan pengimbasan SPMI serta Implementasi PPK mampu meningkatkan profesionalisme guna mencapai tujuan PPK melalui PJJ-BDR.

"Pelaksanaan SPMI, PPK, PJJ-BDR yang dilandasi komitmen kuat dari stakeholder Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yakni Dinas Pendidikan, Korwil Bidang Pendikan, Pengawas SD, Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, Operator dan petugas lainnya, akan mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan.

Komitmen untuk melaksanakan Pengimbasan SPMI, PPK dan PJJ-BDR yang telah Bapak/Ibu tandatangani tadi menjadi penguat dan penyemangat kita semua dalam mengelola pendidikan demi membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, " ucap H Suwarno

Pria yang juga Ketua Perbasi Kabupaten Kapuas menegaskan, kondisi pandemi covid-19 menuntut agar semua beradaptasi dalam kebiasaan baru.

Demikian pula proses belajar dan mengajar menggunakan sistem PJJ-BDR bentuk daring secara virtual maupun luring memerlukan profesionalisme PTK serta sinergisitas bersama Komite Sekolah dan orang tua siswa.

Sementara MAS Muntoha meminta agar stakeholder pendidikan makin kuat dalam penyelanggaraan pendidikan sebagai wujud dukungan terhadap Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas.

Salahsatu sasaran program ini adalah PPK untuk meningkatkan mutu lulusan. Ia juga berharap sekolah induk dan imbas SPMI dapat menjadi contoh bagi sekolah yang belum mendapat SPMI.

Adanya komitmen antara Kepsek, Guru, Komite peserta didik dan wali begitu juga instansi terkait agar saling bahu membahu sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik.

Sebelumnya, Ratu M.Wardah selaku Kepala SDN 3 Selat Hilir sebagai sekolah induk sampaikan terima kasih atas dukungan Kadisdik, LPMP Kalteng, Ketua Komite Sekolah dan semua pihak, sehingga terlaksananya pendampingan/pengimbasan.

"Melalui kegiatan ini kami berharap dapat membawa sekolah kami juga sekolah imbas semakin terarah dalam SPMI, PPK dan PJJ-BDR karena Fasilitator Daerah, Korwil, Pengawas Pembina serta Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas selalu siap membantu kami, " lapor Ratu. (***)